Logo
images

Praktek Qurban di Masa Pandemi

MTsN 1 Magelang-Masa Pandemi tidak menghalangi aktivitas rutin tahunan MTsN 1 Magelang, dalam melaksanakan praktek pembelajaran mata pelajaran Fiqih tentang penyembelihan hewan qurban. Kegiatan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari Sabtu, 01 Agustus 2020 di lapangan MTsN 1 Magelang. Demi mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi ini, MTsN 1 Magelang melaksanakan kegiatan dengan disiarkan langsung melalui akun instagram resmi MTsN 1 Magelang @mtsn1magelang.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para peserta didik agar mengetahui tata cara penyembelihan hewan qurban dengan baik dan benar.

Proses pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh kepala MTsN 1 Magelang, Drs. H. Gunartomo, M. Pd. Beliau mengatakan bahwa “Qurban merupakan salah satu sunah yang dianjurkan bagi seluruh umat muslim. Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban terdapat tata cara yang harus dilakukan dengan benar. Maka madrasah mewajibkan peserta didik untuk menyaksikan kegiatan penyembelihan hewan qurban secara langsung dari rumah. Apabila ada yang mengalami kesulitan dalam menyaksikan siaran secara langsung dapat menyaksikan kembali melalui channel youtube resmi MTsN 1 Magelang mtsn1magelang”.

Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian tata cara penyembelihan oleh Wasingun, S. Ag., salah satu guru agama di MTsN 1 Magelang. Beliau menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penyembelihan. Mulai dari mempersiapkan hewan qurban dan alat yang memenuhi persyaratan sampai dengan proses penyembelihan hewan qurban sesuai dengan prosedur yang disyariatkan dalam Islam.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh beberapa guru MTsN 1 Magelang dan disaksikan oleh sebagian guru dan karyawan MTsN 1 Magelang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini ditutup oleh waka kesiswaan, Edi Muhd Muhtar H, beliau berharap tahun depan kegiatan penyembelihan qurban dapat dilaksanakan dan disaksikan langsung oleh peserta didik di MTsN 1 Magelang.(NJ)


TAG

Tinggalkan Komentar